BUDIDAYA JAGUNG

CARA BUDIDAYA TANAMAN JAGUNG MANIS

Kali ini saya akan membahas cara tanam jagung manis, pada dasar nya cara tanam jagung manis ini tidak jauh beda  dengan cara tanam jagung pada umumnya perbedaanya hanyalah usia dan perawatan.

Jagung manis bisa ditanam di dataran tinggi dan di dataran rendah ketinggian 900 mdpl juga bisa ditanami jagung manis, dan di lahan persawahan juga bisa ditanami jagung manis asalkan lahannya tidak tergenag air.

Buatlah petakan 4 x panjang lahan, masalah petakan bisa menyesuaikan lahannya, bisa juga dilakukan kalau kondisi lahannya memang ber air. Suhu yang bagus untuk pertumbuhan jagung manis adalah 21-30 c, tanah yang baik sebaiknya yang gembur, dan tidak tergenang air.

Cara tanam jagung manis,setelah lahan siap sekarang memulai untuk penanaman buatlah galengan atau garitan dengan jarak  80 - 90 cm, taburkan pupuk organik misal kotoran ayam, bokasi, kotoran ternak 5-10 ton per ha.

Penanaman jagung manis dengan cara di tugar atau di garit berilah furadan di atas benih 0,5 gram per lubang dan berilah pupuk npk dengan jarak 10 cm dari lubang sebanyak 2 gram per lubang.

cara menanam jagung manis setelah umur kurang lebih 7-15 hari sebaiknya di lakukan penyulaman.Berilah pupuk ZA 150 kg per ha,pupuk SP -36 300 kg per ha.

Setelah tanaman usia 25 – 30 hari setelah tanam dilakukan penyiangan sekaligus pengguludan, bila perlu di taburu lagi Furadan 3G pada titik tumbuh sekitar 5 butur kicil per tanaman, semprot dengan PPC.
50 – 55 hari setelah tanam, mulai seleksi tongkol atau pohon jagung, penyemprotan bila perlu pada ketiak daun.Pada saatini usahakan kebun jangan terganggu akan mempengaruhi proses persarian.
Setelah usia tanam 75 – 80 hari setelah tanam tibalah waktunya untuk pemanenan.
Demikian semoga bermanfaat.

 

Untuk melihat Produk Benih Jagung Manis silahkan KLIK DISINI

 

 

 
 
 
 
 

 

 
Benih Unggul
Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI